0
Penyebab naiknya berat badan -  Hallo namaku Tanty. Usiaku sekarang 24 tahun. Aku ga pernah merhatiin badan dari dulu, karna aku ngerasa berat badanku udah ideal. Saat kuliah berat badanku berkisar 46-49 kg dengan tinggi 157 cm ya dengan perut rata aku sih bangga-bangga aja hehehe. Tahun 2012 banyak guru yang bertanya "kok bisa sih Tan perut kamu rata gitu? duduk aja rata" ya aku sih cuman balas senyum aja hahaha perasaan sih makan banyak, tidur nyenyak. 

Semester 8 aku ngekos di daerah Pasirwangi karena PPL disini aku pun belum begitu sadar bahwa berat badanku mulai naik. Sepulang PPL aku bertemu guru-guru dan taraaaam."Euleuh nanaonan wae PPL?" (Ngapain aja PPL)  katanya badanku membesar dan aku juga baru sadar bahwa baju yang aku pakai mulai sesak. Hadeuh. Kata guruku "Bapak sebagai laki-laki melihat kamu ingin mengingatkan kalau perempuan minimal bisa masak kalau gak bisa ngurus badan" T_T tapi saat itu aku bener-bener ga terpengaruh dengan ucapan beliau. HAHAHA

Tahun 2014 "Whatt??? 62 kg" aku baru sadar ketika guruku berkata lagi "Permak tah body sambil nunggu jodoh" kemudian mulai banyak yang menyangka aku ibu anak satu, wanita hamil, dan efek KB :( separah itu kah? aku mulai bercermin dan baru sadar bahwa aku GENDUTZ. OMG lingkar perut 92 cm, lingkar lengan 33 cm dan melihat fotoku iuuuuuh GA BANGET dan aku baru SADAR. Aku mencari kenapa berat badanku naik. Flash back "Ngapain aja gue taun 2013 bisa naek ampe 10 kg"

Tahun 2013 aku ditugaskan menjadi guru di daerah 3T (Terdepan Terluar Tertinggal) di Peunaron Aceh Timur. Setelah aku merefleksi diri selama disana aku ga pernah sadar kalau badan terus membengkak. Disana aku selalu makan sayuran. Dulu aku ga peduli apa yang aku makan. Ini adalah penyebab berat badanku melonjak setelah intropeksi diri:

1.     Makan nasi 5 kali sehari, selalu makan malam. Pada waktu itu aku ga ngerti bahwa karbo itu bisa jadi lemak dalam tubuh
2.     Kalau makan mie harus 2 bungkus pake telor
3.     segala masakan yang aku buat selalu ditambahkan gula. Padahal gula juga bisa ditimbun menjadi lemak
4.     Kurang Gizi alias menu makanan tidak seimbang. ya makan seadanya namanya juga di pelosok makan yang ada ga peduli mana protein, vitamin, mineral apapun itu yang penting KENYANG
5.     Terlalu banyak menggunakan minyak. Bikin kentang goreng, nasi goreng, telur goreng, dll.
6.     Kurang serat. JELAS
7.     Tidur setelah makan, banyak tidur siang
8.     Kurang minum air putih
9.     Sering minum minuman berkarbonasi padahal dia sangat tidak baik untuk tubuh kita
dulu disana berasa cantik PD aja walopun badan segede Gentong saking ga sadarnya. detik-detik terakhir sebelum pulang ke Bandung baru sedikit sadar bahwa perutku gendut.




setelah sadar bahwa mukaku, tubuhku, ga banget, iuh banget, aku mulai melakukan program penurunan berat badan dengan berbagai cara. Aku akan share pengalaman menurunkan berat badanku kembali di Beauty you selanjutnya 
Next
Newer Post
Previous
This is the last post.

Post a Comment

 
Top