0
AKU KENA BABY BLUES SYNDROME.
Dulu ga paham tentang istilah itu, trnyata ngalami  juga. Aku akan berbagi cerita ni, semoga emak2 bisa pada ambil hikmahnya lagi.
Waktu hamil itu fokus sm prsiapan melahirkan (gambar d geser) dan calon dede bayi, sandang pangan papan cuy. Lemari, popok kain ramah lingkungan, tmpt tdur dan lain sbagainya. Ada yg lupa. Apa coba??

Yes. Kesiapan mental, fisik, ilmu si ibu.
Di bulan terakhir baru pulang ke Bandung cuti dan pilih klinik utama nur khadijah yang ngademin hati dan slalu mengedukasi. Disana d ajarin prsiapan menyusui. Di catet yg belum tau ni.

  • "Bersiin PD sm minyak zaitun atau air anget taro di kapas tempelin d puting emak, tunggu beberapa saat nnti bakal keluar bulir2 item, itu sumbatan2, biar lancar saat kluar asi nnti. Selain itu rajin di pijet PDnya"

Dan dsana di kasih buku soal asi.
Waktu melahirkan pun datang. Di RS Hermina barulah aku mengenal sebuah profesi mulia lainnya yaitu "konselor laktasi". Aku kira blm kluar asi nya, saat bliau pencet,"nah itu udh ada, ini kolostrum akan kluar slama 5 hari, wajib d berikan pd bayi ya". D ajarin cara mnyusui. Dasar eh dasar aku ga kritis mak. Ga paham bahwa ilmu mnyusui itu luaas, nyesel ga bnyak tanya, ga bnyak mnta  d ajarin, kalian kalau nnti ktmu konselor laktasi mnta d ajarin berbagai gaya nyusuin, kiri kanan, smbil tiduran, dan lain sebagainya, tanya yang bnyak.


  • Disana juga diajarin cara melancarkan asi, diantaranya di pijat memutar 15 kali, pijat diarahkan ke puting 15 kali, pijat oksitosin d area tulang belakang, sambil di kompres air hangat rutin pagi dan sore.

Semua terasa mudah pada saat itu, tapi masalah sebenarnya baru muncul saat pulang ke rumah.
Ini lah yg bikin nyesel ga kritis saat ad kesempatan belajar.

Sepulang dari RS, malam pertama masih ada suami, masih ngerasa baik2 aja, aku bisa. Dede nangis walau udah d susui, dan aku dulu belum bisa posisi sebelah kanan, di taro di kanan bayi ngamuk. Besoknya suami pergi lagi ke Sabah. Dan mulailah kena baby blues dede sering ngamuk ga mau nyusu, sering kelaperan, kalau malem akhirnya di kasih dot karna malem lebih intens nyusunya walaupun udah nyusu tetep ngamuk. Berat banget mau kasih dot, aku ga ikhlas. Ya terpaksa padahal idealisme kala itu pngen kasih asi eksklusif. Tp apa daya. Ngerasa tertolak, sakit banget loh itu kalau di tolak sm bayi sndiri 😭😭😭badan kala itu msh sulit gerak dan sakit pasca operasi, suami ga ad. 

Jd emak2 aku sarankan jangan lah kamu sendirian, waktu baby blues itu ngerasa jd ibu yg gagal, sering nangis mau sndirian mau depan org2, suami ga ada, beruntunglah slalu di dampingi ibu dan kakak adik yg bantuin.

Produksi asi dirasa masih kurag mungkin pengaruh stres juga. Bisa kalian lihat ya apa yang bisa menurunkan dan meningkatkan hormon oksitosin untuk produksi asi.







Menyusui itu ga gampang mak. 2 tahun loh d tantang ngsh asi eksklusif. Dlu mikirnya nyusuin ya tggal nyusuin. Skrg br krasa ya lecetlah, baperlah, salah posisi gendong. Dsni mulai blajar istilah "PELEKATAN" bayi saat mnyusui. Kalau slah plekatan bs lecet dn asi krg kluar. Wktu kontrol jaitan skalian nanya sm dokter. "Dok sy sakit saat mnyusui, trus ad bngkak". Doktr jawab, "diolesin pake asi yg lecetnya, yg bngkaknya d kompres itu ad asi sumbat, ya bgitulah prjuangan seorang ibu". Jd inget sm prjuangan ibu sndiri.
Ketika baby blues butuh bnget dukungan dr org2 skitar, apalagi yg namanya suami. Suami mnjaga kewarasan seorang istri, ibu baru. Alhmdulillah suami walaupun LDR selalu menenangkan istrinya dengan kata kata dan transferan buat belanja 😂.


Calon mak baru jangan lupa belajar soal menyusui, hamil itu 9 bln, setelah itu ada bab 2 bab nyusuin mak 2 tahun loh. kepoin instagramnya konselor laktasi kaya @olevelove aku dikenalin sm @widi_retno dan @stellatiniaibclc yang ada di Bandung. Semoga bisa ambil hikmah. Manfaatkan sebaik mungkin kalau ketemu konselor laktasi. Ini hanyalah secuil masalah saat mnyusui, masih banyak lagi, nanti kalau ada waktu senggang aku akan berbagi lagi. Semangat mengASIhi ya mak 😇.





Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

Post a Comment

 
Top