0
Membuat paspor hijau – Ada beberapa jenis paspor. Aku membuat paspor hijau 48 hal untuk keperluan mengajar di Sekolah Indonesia Luar Negri (SILN) di Sabah. Dalam waktu satu Minggu harus selesai membuat paspor. Setelah bertanya ke teman-teman dan google ada dua cara yaitu dengan online dan datang langsung ke kantor imigrasi. Aku memilih untuk datang langsung karena online di Bandung di buka pada tanggal 25 Mei 2016.

Kantor imigrasi kelas I berada di Jl. Surapati kelewatan angkot caheum ciroyom setelah PUSDAI kalau dari arah mau ke Caheum. Satu lagi kantor imigrasi ULP (Unit Layanan Paspor) Jl. Soekarno-Hatta sebelah Bandung Convention Center, tepatnya di gedung Bina Citra lantai 3. Aku membuat paspor di KANIM Jl Surapati. Jangan lupa bawa persyaratanya dengan lengkap kalau kurang kamu bakalan di tolak. Ini syarat membuat paspor hijau:
  1.   KTP asli dan foto kopi 1 lembar di kertas A4 jangan di gunting
  2.  KK asli dan foto kopi 1 lembar (sudah di tanda tangan kepala keluarga)
  3. Akta kelahiran asli dan foto kopi 1 lembar
  4. Ijazah atau buku nikah asli dan foto kopi 1 lembar
  5.  Materai 1 buah jangan lupa bawa lem kalau ga bawa terpaksa kita jilat hahaha



Prosesnya pertama aku datang hari Senin 06.45 dan kita langsung mengantri di jalur walk in. Memang bener harus datang abis subuh karena antrian sudah sangat panjang ketika aku sampai disana. Temanku yang datang jam 06.00 mendapat antrian ke 40. KANIM buka pukul 07.30 dan antrian di tutup pukul 10.00. Nah setelah buka dokumen asli kalian akan diperiksa dulu baru mendapat nomer antrian dan formulir yang harus diisi. 


Aku mendapat nomer 83 dan baru dipanggil jam 14.30 Ngacang banget gue Hahaha untung udah nyiapin mental. Saat dipanggil kita akan di wawancara dan di foto usahakan menggunakan pakaian yang rapi. Sebelnya petugas KANIM nyuruh kerudungku kebelakangin supaya keliatan jelas alisnya dan hasilnya foto gue kaya ibu-ibu iuhhh ga banget, hahahaha fotonya kurang lurus jadi wajahku keliatan lebar. BETE sudah. Well well ya ikhlaskan aja. Setelah itu kita disuruh membayar ke BNI esok harinya sebesar 355ribu rupiah siapin aja 360ribu rupiah. Paspor akan diproses dan selesai hari Jumat (3-4 hari kerja).

Proses pengambilan paspor, nah jangan salah kaya aku ya hehehe. Antrian pengambilan berbeda, kita tinggal nunggu depan pintu KANIM jangan di jalur walk in untung aja temenku ngasih tau. Pukul 07.30 saat kantor di buka petugas akan memanggil untuk orang-orang yang akan mengambil paspor. Saat berbaris bukti pembayaran dan lembar yang diberi sebelumnya akan diperiksa, setelah itu kita akan diberi nomor antrian. Kalau sudah kamu tinggal duduk dan menunggu namamu di panggil. Pengambilan prosesnya lebih cepat. Ya cuman 5 -10 menit tiap orang.


Sampul paspor kamu bisa beli di tempat foto kopi disana dengan harga 5 ribu saja J
Semoga informasi ini dapat membantu J Terima kasih sudah berkunjung.


Post a Comment

 
Top